Cara membuat bunga dari kertas mudah dan cepat

Cara membuat bunga dari kertas mudah dan cepat

Bunga kertas adalah bunga yang tentu saja dibuat dengan menggunakan bahan dasar kertas baik kertas bekas maupun menggunakan macam- macam jenis kertas.
Koran bekas majalah bekas dan buku bekas akan lebih bernilai jika dibuat aneka macam barang, kreasi mungkin ini yang dibutuhkan dalam memanfaatkan barang tersebut. Ide bisa saja muncul jika kita bisa melihat peluang besar dalam memanfaatkan sesuatu yang kita sebelumnya anggap tidak ada yang bisa diambil dari barang tersebut terutama kertas. Ada banyak sekali yang bisa dimanfaatkan dari kertas terutama dalam hal ini menggunakan kertas dalam pembuatan bunga.

Berikut ulasan mengenai bunga kertas :

Bunga kertas dan bagian bagiannya
Seperti pada bunga umumnya, bunga kertas juga ada bagian- bagiannya seperti, daun, kelopak, tangkai, putik dll
Namun ini juga tergantung selera dari sipembuat sendiri yang biasanya menggunakan cara cepat untuk membuatnya, maka dari itu salah satu bagian ini bisa dihilangkan atau tidak dipakai lagi. Seperti putik jarang sekali ada dalam pembuatan bunga kertas, banyak alasanya untuk ini seperti mudah rusak dan atau tidak menggunakan inipun bunga kertas sudah terlihat cukup cantik.

Bunga kertas lipat
Ini biasanya diciptakan untuk menambah aksesori pada acara tertentu seperti pada kegiatan disekolah yang biasanya untuk melengkapi dekorasi pada Agustusan, pda acara ulang tahun anak juga sering ditemukan bunga kertas lipat, mudah dalam pembuatannya dan murah bahan untuk membuat bunga model seperti ini.
Bunga kertas dan seni melipat kertas bisa untuk materi pembelajaran pada usia dini yang akan membantu meningkatkan daya pikir mereka.

Tidak jarang para Guru mengajarkan keterampilan ini terutama pada sekolah TK maupun PAUD (pendidikan anak usia dini). Anak- anak akan cepat menguasai ini karena ini menjadi sarana bermain atau berkreasi, biasanya mereka lebih senang sitem pembelajaran dengan cara seperti ini.

Bunga kertas koran bekas
Koran bekas sangat mudah ditemukan disekeliling kita, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa dibuat kerajinan dari koran salah satunya bunga.
koran ini bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka bunga seperti bunga mawar, bunga tulip dan sebagainya. Kita tidak perlu menguasai banyak keterampilan dan membuat bunga dari koran ini, yang paling utama dibutuhkan adalah kemauan dan kreatifitas untuk menciptakan berbagai model bunga, kita bisa belajar secara otodidak, membaca buku, dan ada banyak sumber lain termasuk disini.

Bunga dari sedotan
kita bisa menggunakan bahan sedotan bekas minum untuk membuatnya, dan ini tidaklah terlalu sulit. Sedotan memiliki berbagai macam warna sehingga tampak indah jika telah menjadi bunga. Bunga dari sedotan adalah seni kreatifitas yang memerlukan keterampilan untuk membuatnya. Para Guru pendidikan usia dini bisa mengajarkan hal ini untuk anak- anak untuk meningkatkan daya imajinasi mereka.

Bunga dari kertas warna warni

Dengan banyaknya pilihan kertas warna akan memudahkan kita untuk memilih salah satu warna yang sesuai dengan selera. Warna terang adalah pilihan tepat untuk dijadikan bunga penuh pesona.
Jika kita ingin menciptakan suasana yang ceria buat anak- anak, maka membuat bunga dengan menggunakan kertas warna- warni bisa menjadi pilihan.

Bunga kertas dan manfaatnya

Buat saya sendiri hemat adalah alasan utama dari bunga kertas ini, kita bisa cek sendiri dari harga ditoko yang menjual bunga, ada banyak selisih harga antara bunga kertas dan bunga yang terbuat dari bahan lain. Bunga kertas mungkin lebih bersahabat dari segi lingkungan dan harganya dari pada bunga yang terbuat dari bahan plastik. Adapun dari segi kekurangan dari bung kertas ini adalah harus mempunyai waktu lebih dalam perawatannya, dikarenakan bunga kertas ini lebih mudah rusak terutama jika sering terkena basah atau ditempatkan di tempat yang tidak sesuai seperti pada tempat yang bersuhu lembab.

Mengurangi masalah sampah ini jelas sekali dimana sampah telah menjadi issu global yang sangat susah sekali dalam menangani hal ini, dengan membuat bunga dari kertas setidaknya kita membantu ikut dalam  mengurangi sampah keluarga dan menjadikan barang yang jauh lebih bernilai.

Membantu meningkatkan keterampilan pada anak dan menghargai barang- barang bekas pakai untuk dijadikan kerajinan dan meningkatkan daya kreatifitas mereka
Manfaat lain dari bunga yang terbuat dari kertas mungkin salah satunya untuk mengisi waktu, ini bisa dilakukan terutama pada hari libur.

Bunga kertas buatan tangan sendiri

Akan memiliki kesenangan tersendiri jika kita berhasil menciptkan sesuatu hal, selalu ingin menciptkan hal lain yang lebih baik dari hasil sebelumnya dan menemukan ide lain setelah kita bisa membuat hal yang pertama. Ini berlaku untuk segala hal termasuk dalam menciptkan atau membuat bunga kertas ini.
yakinlah Anda akan bisa membuat sesuatu yang berarti dengan tangan sendiri.


Berikut salah satu contoh kreasi yaitu membuat bunga dari kertas

Bahan yang dibutuhkan


  • Kertas, Kita bisa menggunakan bahan apa saja dan warna apa saja tergantung selera, tapi khusus kali ini kita menggunakan kertas krep dan untuk warna kita pilih warna hijau.
  • Lidi atau kawat, jika menggunakan lidi ini bisa saja tapi akan tampak kaku berbeda jika memakai kawat yang mudah untuk diatur seperti melengkung atau lurus.
  • Lem, gunakan lem khusus untuk kertas, ini akan memudahkan atau lebih cepat kering dan mudah dibersihkan jika mengenai tangan kita.

Peralatan yang dibutuhkan
  • Gunting
  • Pisau atau cutter

Cara membuat

  • Buatlah bola kecil dengan kertas dan tempel menggunakan lem pada ujung lidi atau kawat. Bola kertas dibungkus dengan kertas yang akan kita jadikan bunga utama.
  • Lipat dan gunting kertas menyerupai bunga, buatlah beberapa lapisan.
  • Oleskan lem pada bola kertas dan kelopak lalu tempel pada kawat.
  • Setelah kering, buka kelopak bunga supaya mekar dan indah untuk dilihat
Lihat gambar untuk memudahkan dalam praktek
Cara membuat bunga dari kertas mudah dan cepat

Itulah cara paling mudah dalam pembuatan bunga ber bahan kertas, cepat tanpa menunggu waktu lama jika kita ingin buru- buru mau digunakan, Saya sering sekali menemukan  mereka terlalu buru- buru dalam membuat sesuatu dan ini sering dialami sendiri ketika kita ingin mendekorasi panggung pertunjukan untuk anak- anak pada bulan Agustus.


Apakah Anda memiliki ide dan cara lain dalam memanfaatkan kertas, berbagi untuk saling melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar